Sabtu, 24 Juni 2017

Rapat Paripurna Tim Koordinasi Penguatan SIDa (Sistem Inovasi Daerah) Kabupaten Magetan dengan BPPT

Pengirim: BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH , Tanggal 11 May 2016
Kategori: Berita

Rapat paripurna yang diselenggarakan oleh Bappeda Magetan di Ruang Ki Mageti pada tanggal 11 Mei 2016 ditujukan untuk menentukan tema yang akan diangkat sebgai dasar penyusunan RoadMap SIDa Kabupaten Magetan selama lima tahun. Sebagai pembicara dan tenaga ahli, Bappeda Magetan bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta. Rapat dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Bupati yang didampingi oleh Plt. Sekretaris Daerah Kab. Magetan. Peserta rapat terdiri dari Tim Koordinasi dan Tim Pokja dari lintas SKPD yang terkait dengan SIDa.

Pada rapat paripurna ini dibahas mengenai peningkatan kapasitas Pemerintah Daerah dan daya saing daerah guna penguatan sistem inovasi daerah secara terarah dan berkesinambungan. Karena itu ditetapkan Peraturan Bersama Menteri Negara Riset dan Teknologi Nomor 03 tahun 2012 dan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah. Dalam upaya membangun keunggulan daya saing daerah, pengembangan sistem inovasi daerah kini semakin mendesak dilakukan. Dalam kaitan ini kebijakan strategis pengembangan inovasi daerah sangat dibutuhkan sebagai pendorong, pemerkuat dan pemercepat proses aliran inovasi dan difusi di daerah dalam mendukung kemajuan dan modernisasi ekonomi daerah.

Peraturan bersama mengamanatkan bahwa setiap daerah menetapkan kebijakan Penguatan Sistem Inovasi Daerah. Kebijakan penguatan SIDa harus tercantum dalam Roadmap penguatan SIDa Daerah, RPJMD dan RKPD. Roadmap SIDa harus diintegrasikan dengan dokumen RPJMD, dan isi dari roadmap SIDa harus merupakan upaya percepatan untuk pencapaian visi pembangunan daerah baik berupa satu misi tersendiri maupun sebagai salah satu tujuan dari misi RPJMD. Tahapan persiapan penyusunan roadmap SIDa dilakukan untuk menyiapkan keseluruhan kegiatan penyusunan di tingkat Kabupaten. Selanjutnya dibentuk Tim Koordinasi dan Tim Pokja dimulai dari penyiapan rancangan Surat Keputusan Kepala Daerah tentang pembentukan tim koordinasi dan tim pokja Kabupaten. Diharapkan dengan adanya pembuatan roadmap SIDa ini dapat memfokuskan arah percepatan pembangunan daerah dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara terprogram.

 

Website Menu

Kontak Detail

Jl. Basuki Rahmat Timur No. 1 Magetan Jawa Timur

Kode Pos 63314 Telp. 0351-895041 Fax. 0351-895041

Website : bappeda.magetankab.go.id

Email    : bappeda@magetankab.go.id

Peta Magetan